PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika. Untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dan minat baca secara bersama- sama terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Sampel penelitian adalah mahasiswa Teknik Informatika sebanyak 64 orang dan dibagi dua kelas, sebanyak 32 orang sebagai kelas Eksperimen dan sebanyak 32 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilaksanakan dengan penyebaran skala penilaian untuk minat baca, pemberian treatmen model pembelajaran untuk kelas ekperimen. Kemudian data dianalisis dengan Anova Dua Arah.Hasil penelitian menyimpulkan (1). Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika hal ini terbukti dari nilai F = 9.155 dan Sig = 0,004 < 0,05.(2). Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika terbukti dari nilai F = 105.159 dan Sig = 0.000 < 0,05 (3). Terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan tingkat minat baca terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika, hal ini terbukti dari nilai F = 6.101 dan Sig = 0,016 < 0,05. Berdasarkan hasil ini dilakukan uji lanjut dengan Uji Tukey.