PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDHARAPAN INDONESIA

  • Wawan Hendrianto Universitas Mitra Karya
Keywords: media pembelajaran, motivasi belajar, teknologi, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dilaksanakan di kelas dan bagaimana motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam bentuk observasi dan wawancara. Hasil pengamatan yang dilakukan bersama guru SD Harapan Indonesia, Indonesia menemukan bahwa dalam pembelajaran, guru menggunakan metode pembelajaran dan sumber belajar yang digunakan adalah buku. Penggunaan metode pembelajaran dalam proses pembelajaran tidak menarik minat siswa sehingga siswa tidak memahami materi yang disajikan dan motivasi belajar siswa menurun. Selain itu, siswa juga lebih tertarik mengobrol dengan teman sekelas, melamun, dan sibuk sendiri. Sumber belajar yang selalu digunakan adalah buku, di mana penyampaian semua materi berasal dari buku sehingga siswa cepat bosan dan sulit memahami materi. Hasil wawancara membuat siswa lebih tertarik pada proses belajar menggunakan media selain buku. Oleh karena itu, diperlukan alternatif lain dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu alternatifnya adalah memanfaatkan teknologi sebagai media dalam proses pembelajaran.

Published
2021-02-23