PENDEKATAN PENGAJARAN BAHASA BERBASIS TIK UNTUK MAHASISWA

  • Myti Sandri Universitas Mitra Karya
Keywords: Pengajaran Bahasa, ICT

Abstract

Dalam dunia pendidikan, belajar merupakan salah satu jenis pendidikan. Dikatakan bahwa pendidikan merupakan tonggak perkembangan sosial, ekonomi, dan budaya bangsa. Seperti yang kita lihat ke belakang, pendidikan mengubah masyarakat dan memberikan dimensi baru dalam kehidupan manusia. Jadi orang belajar mengetahui ilmu. Di zaman kuno, siswa dikirim ke rumah pengajar. Peran pengajar sama, tetapi metode pembelajaran sehari-hari berubah. Kemudian pendidikan formal ditawarkan dalam ruang kelas dimana pengajar dan siswa saling berinteraksi. Ini adalah interaksi tatap muka. Karena pengajaran di kelas bersifat tradisional, pengajar hanya mengajar alat peraga yang tersedia dengan menggunakan buku, papan tulis, kapur, dll. Disini keduanya hadir secara fisik di ruang kelas sekolah. Sudah diatur untuk diskusi. Siswa berpartisipasi dalam diskusi kelompok sebagai bagian integral dari kurikulum pendidikan sekolah. Saat ini, pengajar mendapat tantangan untuk mengajar, mengumpulkan catatan kelas, mendiktekan catatan, bahkan melakukan pemeriksaan materi pelajaran. Sekarang-a-hari, Elearning (atau pembelajaran elektronik) adalah jenis pendidikan dalam dunia Teknologi Informasi. E- learning terdiri dari semua bentuk pembelajaran dan pengajaran yang didukung secara elektronik. Sistem informasi dan komunikasi, baik pembelajaran berjaringan maupun tidak, berfungsi sebagai media khusus untuk melaksanakan proses pembelajaran. Istilah ini kemungkinan besar masih akan digunakan untuk merujuk pengalaman pendidikan di luar kelas dan di dalam kelas melalui teknologi, bahkan saat kemajuan terus berlanjut terkait perangkat dan kurikulum. E-learning pada dasarnya adalah transfer keterampilan dan pengetahuan yang dimungkinkan oleh komputer dan jaringan. Aplikasi dan proses e-learning mencakup pembelajaran berbasis web, pembelajaran berbasis komputer, peluang pendidikan virtual, dan kolaborasi digital. Konten dikirimkan melalui Internet, intranet / ekstranet, pita audio atau video, TV satelit, dan CD-ROM. Dapat diatur sendiri atau dipimpin oleh instruktur dan termasuk media berupa teks, gambar, animasi, streaming video dan audio.

Published
2021-02-23