PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI INTERN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KEMENTRIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT DIREKTORAT JENDRAL BINA MARGA BANDAR LAMPUNG

  • Linda Ayu Haryanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana
  • Adil Makmur Santosa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana
  • Tiara Noviarini Universitas Mitra Karya
Keywords: kepemeimpinan, komunikasi intern, efektifitas kerja

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) adakah pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja? Populasi penelitian ini adalah pegawai PU Bandar Lampung yang tidak menduduki posisi sebagai Kepala Dinas, Kabag TU dan Kabid. Sehingga jumlah populasi adalah 90 orang. Ada tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu : (1) gaya kepemimpinan (2) komunikasi intern (3) efektivitas kerja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier ganda dengan menggunakan SPSS for windows release 12. Berdasarkan analisis deskriptif persentase diperoleh besarnya gaya kepemimpinan adalah sebesar 84,24% dan termasuk kategori sangat baik, tingkat komunikasi intern sebesar 86% termasuk kategori sangat baik, sedangkan tingkat efektivitas kerja sebesar 78,78% termasuk kategori baik.

Published
2022-09-03
Section
Articles